Tuesday 19th June 2018,
ADITYA 91,5 FM SUBANG

Berikut Panduan Mudik Irit 2018 Anda Harus Coba

menjadi ritual khas orang Indonesia setiap datang Hari Raya Idul Fitri. Mudik, konon berasal dari kata “menuju udik” atau berarti juga pulang ke kampung halaman. Sebuah tradisi tahunan yang berlangsung di kota-kota besar, ketika para penghuninya pulang kampung menuju daerah asal masing-masing. Tradisi ini tidak mengenal agama ataupun suku bangsa. Ketika menjelang Lebaran, waktu libur pun dimanfaatkan banyak orang untuk pulang ke kampung halaman. Setiap tahun, jutaan orang yang merantau di kota-kota besar atau bahkan luar negeri, menempuh perjalanan sekian ratus kilometer menuju daerah asal mereka.Nah, bagi Anda yang sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR), jangan langsung kalap membelanjakan, ya. Kelola THR sesuai peruntukan, yaitu membiayai kebutuhan hari raya, termasuk mudik.
 
Simak nih tipss mudik irit berikut :
 
 
1. Berkaitan dengan perayaan Lebaran dan mudik 2018, ada beberapa pos pengeluaran yang umum ada, antara lain:
 
– Biaya konsumsi lebaran
Termasuk di sini adalah kebutuhan dana untuk pembelian suguhan Lebaran sebagai antisipasi ketika ada sanak kerabat bertandang ke rumah. Biaya ini dibutuhkan bila Anda memutuskan tidak mudik ke kampung halaman.
 
– Biaya transportasi mudik
Ketika Anda memutuskan pulang ke kampung halaman untuk perayaan Lebaran, biaya mudik paling besar kemungkinan akan tersedot untuk biaya transportasi.
Bila Anda memakai transportasi publik, biaya yang harus Anda keluarkan meliputi biaya pembelian tiket pulang-pergi untuk sendiri atau seluruh keluarga yang turut. Belum lagi, biaya konsumsi selama perjalanan mudik bila waktu tempuh mudik cukup lama. Bila Anda mudik memakai kendaraan pribadi, ada biaya perawatan kendaraan yang perlu Anda siapkan agar kendaraanmu prima mengantar hingga kampung halaman. Belum lagi, ongkos bahan bakar atau BBM selama perjalanan.
 
2.Manfaatkan tawaran diskon
 
Tentu Anda tahu memasuki bulan puasa Ramadan hingga perayaan Lebaran sebagai puncaknya nanti, para peritel berlomba menawarkan beragam diskon menarik. Memang, diskon yang diberikan oleh para peritel di Indonesia kadangkala bukanlah harga diskon yang sebenarnya. Maka itu, Anda harus jeli melihat tawaran diskon mana yang memang benar-benar ekonomis dan termasuk “good deals“ Manfaatkan diskon-diskon tersebut untuk memenuhi beragam kebutuhan seputar Lebaran dan mudik 2018 ini. Misalnya, untuk membeli oleh-oleh Lebaran, membeli tiket mudik, membayar penginapan dll
 
3.Optimalkan transaksi nontunai
Bisa juga Anda manfaatkan promo kartu kredit untuk mendapatkan diskon harga spesial berkendara dengan jasa transportasi online. Tentu dengan catatan, di kampung halaman Anda sudah tersedia jasa transportasi online ini. Itulah jurus berhemat agar acara mudik Anda tahun ini bisa berjalan lancar, Moneysavers. Selamat merencanakan perjalanan mudik. Hati senang, kantong tetap aman
 
Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/3548821/5-panduan-mudik-irit-2018-anda-harus-coba

Like this Article? Share it!

About The Author

Leave A Response